STAN ngga ikatan dinas lagi ?

Banyak orang yang mengatakan dan mengiyakan bahwa STAN saat ini sudah tidak ikatan dinas lagi. Ngga tau asal gosip tersebut bener apa ngga, semakin lama ternyata gosip tersebut sudah berkembang di masyarakat. Banyak yang kecewa dengan pernyataan tersebut, bahkan banyak juga yang mengurungkan niatnya untuk ikut ujian saringan masuk gara gara berita tersebut, gimana ngga,kalo stan ngga ikatan dinas lagi berarti setelah lulus ntar hidup nya ngga terjamin, ngga langsung kerja, ngga berduit, ngga jadi pns, ngga ini ngga itu ( pokoknya gitu lah ) .
Sebenarnya gosip ini udah terdengar sejak tahun 2007 lalu, eh ternyata sampai tahun ini semakin berkembang ajah tuh gosip. Bahkan dulu juga ada gosip yang nyatain kalo stan ntu miliknya swasta, jadinya ngga menjamin gitu dech.. (temen saya juga kena tuh gosip, jadinya dulu dia ngga minat banget ke stanπŸ™‚ .
Well, cukup sudah kebingungan dari berita di atas tadi, bikin jenuh tuh berita. (yang bener tuh berita apa gosip sich).
STAN ikatan dinas ngga sich ?

STAN sampai saat ini masih punya ikatan dinas, dan sampai saat ini stan masih berlabel sebagai sekolah tinggi kedinasan. ( 2008 .red )
satu hal yang bisa ngebuktiin contohnya waktu daftar ulang kita diwajibkan mengisi form yang mengharuskan pada saat lulus nanti harus mau ditempatkan di seluruh indonesia dan bekerja untuk pemerintah sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

STAN milik Swasta ?

Berita itu salah besar, stan adalah sekolah dibawah departemen keuangan. Jadi stan masih sekolah negeri, dengan catatan sekolah dibawah dibawah departemen keuangan, bukan dibawah departemen pendidikan seperti sekolah tinggi lain.

Semoga info tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

Ingin menanggapi berita ? Post comment ajah..Β πŸ™‚

49 Tanggapan

  1. Alhamdulillah,,
    Aq mw ikud daftar USM besok…
    Doakan ya…byr jd adek kelas kakak…

  2. @anny

    silahkan dek..Mumpung gratis. Jarang banget sekarang sekolah gratisan kan..πŸ™‚

  3. alhamdulillah………..

  4. Siapa tuh yang iseng banget nyebarin gosip.

  5. klo mank ga bener napa qta harus ikut ujian cpns setelah lulus dri stan….???
    msih bingung ne….

  6. Assalamualaikum

  7. Katanya skul d STAN mahasiswanya d gaji ya?enak dong

  8. Itu dulu, kalo sekarang ngga lagi, maybe waktu tingkat 3 di kasi uang saku dan itupun ngga besar-besar amat. Buat daftar USM aja ngga cukup ^^

  9. @eyvha :
    kita mesti ikut ujian CPNS lagi karena mulai tahun 2004 di peraturan pemerintahnya diwajibkan bagi seluruh calon PNS yang akan bekerja jadi PNS harus di tes dulu.Gitu..

    @rizky :
    waalaikumsalam wr.wb

  10. YOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

  11. mo tanya ,ujian masuk stan wilayah surabaya, kan diadakan di gedung serbaguna unair pd tgl 20/07/08 tapi kita belum tau jam berapa mulainya ? Thank’s atas bantuannya

  12. didiek p :

    mulainya serentak jam 7. saya saranin berangkatnya jam 6 kebawah.

  13. assalamualaikum wr.wb
    kemarin gw dikasih kabar, stan emang masih berstatus ikatan dinas, tapi hbs kita lulus stan, kita masih jadi “Cpns” bukan “Pns”,kalo mau jadi Pns yah kita masih aja tetep harus Tes PNS… gitu… dan itupun saingannya bnyk bgt dari lulusan Stan taon2 kamaren n dulu juga… plus mahasiswa2 PTN/PTS seluruh indonesia yg pengin jadi PNS… yah walopun “katanya” anak Stan lebih diutamakan… hikz..hikz…

  14. alhmdllah klo STAN msh ID,,cz ak ge nggu pngmman STAn ne,,n brhrp bsa lo’s..amin

  15. alhamdulillah wez….. aku insyallah lulus tahun dpn (2009) semoga ae masih ID

  16. pada rebutan mau jadi PNS…. gimana ga beban negara bertambah…… ayooo jadi wirausahawan jgn cuma mau jd PNS tp ga mikirin negara……… kerja 1 thn jad PNS di ……….. hmmmmmmmmmmm dah bisa beli segalanya… coba liat dokter, perawat, dll sekolahnya susah mahal lama dll.. tp tetap mengenaskan.. ayoo dung jgn membebani negara ini….. tunjukkan kreatifitas dengan mebuat lapangan pekerjaan jgn cuma mau jd PNS langsungan

  17. Ikatan dinas stan.?? hehe..rame lagi nih…

    1. negara membiayai kuliah anak stan ( akun, pajak, beacukai, penilia, PPLN, anggaran )

    pertanyaan : buat apa negara ngebiayain kuliah anak stan 3 taon kl cuma buat dijadiin pengangguran pas lulus,,??

    yg penting lulus stan aj dlu,,BIAR GA NYUSAHIN ORANG TUA ( bukannya mau nyusahin negara )

  18. gila…sekolah di STAN enak….

    gosip jd CPNS????pas magang aja kali…..

    paling beberapa bulan…..

    trus PNS….gajinya gede…..

    lgian lulusan STAN jg bs di rekrut ma perusahaan asing…
    pokoknya enak….

    ga usah takut ga iktn dinas….

    dijamin kerja…
    sapa sih yang gmw lulusan stan…..

    cuma yang sirik yang ga bisa masuk….

    mau masuk????makanya belajar….

  19. Berita STAN gak pakai sistem ikatan dinas sih udah sejak jaman dulu kala, jaman aku mau masuk kuliah tahun 1997 juga udah ada. Tiap tahun selalu aja beredar kabar burung seperti ini, entah apa maksud dan tujuan si penyebar kabar burung ini, padahal si burung gak salah apa-apa kok, hahaha …

    Kalo nggak salah, hal ini berawal dari tidak lagi diangkatnya menjadi CPNS bagi mahasiswa STAN pada saat Tingkat II mulai penerimaan mahasiswa tahun 1995.

    Memang sebelum tahun tersebut, pada saat Tingkat II mahasiswa sudah berstatus sebagai CPNS dan pada saat Tingkat III sudah diangkat menjadi PNS, tentunya juga terlebih dahulu mengikuti dan lulus Diklat Pra Jabatan Tingkat II. Namun mulai 1995, mahasiswa kuliah statusnya benar-benar mahasiswa. Setelah lulus, ditempatkan dulu, sambil bekerja diproses SK CPNS-nya. Hampir semua Perguruan Tinggi Kedinasan sekarang sistemnya seperti ini juga. Untuk diangkat menjadi PNS, harus mengikuti dan lulus Diklat Pra Jabatan Tingkat II. Ini sudah lumrah di mana-mana, bukan berlaku untuk lulusan STAN doank ataupun di Departemen Keuangan doank. Masa’ gini aja dihebohkan ? Itu kan sudah ada sejak jaman baheula, hehehe …

    Apakah perubahan sistem ini dapat dikatakan bahwa STAN tidak ikatan dinas lagi ?

    Jangankan orang luar, mahasiswa STAN sendiri pun juga banyak yang salah kaprah karena nggak tau. Bahkan sampai ada mahasiswa STAN yang terhasut kabar ini, kemudian keluar dan kuliah di tempat lain. Contohnya teman sekelas saya, ada 2 cowok dan 1 cewek yang keluar.

    Menurut saya sih, perubahan sistem ini nggak ada hubungannya dengan ikatan dinas. Ikatan dinas itu wajib kerja selama waktu tertentu. Lama ikatan dinas adalah 3 kali masa pendidikan plus 1 tahun. Selama ikatan dinas, ijazah kita ditahan, dan kalo kita gak mau kerja di sana (Depkeu) harus membayar ganti rugi biaya pendidikan.

    Di STAN, dasar hukum penegasan ikatan dinas tersebut adalah Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Sampai saat ini, aku belum pernah tau ada peraturan yang mencabut peraturan tersebut.

    Setelah lulus, pihak lembaga STAN akan menyerahkan lulusannya kepada instansi-instansi terkait. Misalnya, lulusan Prodip I/III Keuangan Spesialisasi Perpajakan, akan diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Kemudian mereka dimagangkan di kantor-kantor Ditjen Pajak sambil menunggu proses keluarnya SK CPNS. Biasanya disusul juga dengan SK Penempatan yang definitif, jadi belum tentu dia nanti ditempatkan di kantor tempat dia magang. Tapi yang jelas tetap di kantor-kantor Ditjen Pajak.

    Kalo ada yang bilang tidak adil jika lulusan STAN langsung bisa kerja jadi PNS di Depkeu, kayaknya kurang gaul deh orang itu, kuper. Tuh liat aja Pendidikan Tinggi Kedinasan lainnya, mereka juga langsung bisa kerja jadi pegawai di instansi terkait.

    Kalo abis lulus ditelantarin, ngapain Depkeu ngadain pendidikan STAN ? Kurang kerjaan kali, lagipula dana yang terpakai tidak sedikit. Kalo gak ada gunanya, ngapain mendidik lulusan SMA, apa untungnya (toh gak mungut duit SPP mahasiswa), itu kan tugas Depdiknas u.p. Ditjen Dikti, bukan tugas Depkeu u.p. Badan Diklat Keuangan.

  20. tolong info terbarunya di-update trus ie!
    gw masii bingung niih!
    thX b4

  21. Yang jelas, kalau stan memang pintar-pintaer, kenapa harus takut ikut tes cpns lagi?
    takut ketahuan kalo ga kompeten?
    atau…?
    katanya lebih baik dari ptn ato pts, tapi qo komentarnya seperti tersimpan nada ketakutan yahh..
    lihat komentar-komentar kalian di atas?
    benar kah pintar?
    dasarnya darimana dong?

    perhatikan kenyataan ini.

    ptn atau pts ketika menerima mhsiswanya ada tes, ketika mhswanya lulus, dia mau ngikut jadi pns, di tes juga.

    lalu bandingkan dengan ini..

    ptk, termasuk stan juga sama, tes jadi mhs di tes. tapi ketika lulus tidak di tes lagi.. hayooo…
    kalaupun ada dpjtk2, tesnya mudah qo, anak sma saja bisa.
    jangan bohong deh, aku juga lulusan stan 2006, skg penempatan di kpp pratama manado.

    intinya begini.

    sungguh ironis saya melihat rekan2 stan sekarang jadi pada sombong, hanya karena tidak perlu tes cpns. jadi arogan seolah-olah mereka paling pintar.
    ini mengecewakan..
    pantas saja mpr dan dpr menilai alumni kita yang sekarang tidak punya kompetensi yang kuat.

    sedangkan bagi ptn pts, saya akui benar ada ketimpangan dalam hal ini.
    kami yang berjiwa santai, yang sebenarnya dalam hal iq, banyak yang kurang, telah menyerobot kesempatan teman-teman ptn dan pts.
    aku akui kerjaan kami di kpp pajak, tidak lebih dari kerjaan anak sma.
    gaji kami besar, tapi kami ngotot minta gaji besar.

    jadi ingat ade2 stan, kalian harus menghargai teman-teman ptn ato pts non kedinasan.
    perjuangan, pengorbanan, penikiran, etos kerja, dan kemauan untuk bersaing sangat tinggi.

    sebenarnya, aku juga kuatirm seandainya stan harus ikut tes cpns seperti rekan ptn atau pts, banyak yang gugur..
    secara pribadi, saya mengakui hal tersebut..

    jadi mari kita objektif saja..
    apa stan sekarang takut bersaing?
    atau ptn dan pts yang lebih mampu untuk bersaing?

    saya berharap jalur penerimaan pegawai di semua departemen, tidak di dominasi hanya dari ptk terkait.
    negeri ini milik rakyat, seharusnya tidak ada pengecualian, tidak ada keistimewaan.
    hal seperti ini justru akan membawa kepada kehancuran.
    terimakasih untuk membacanya..]
    mari kita berharap agar pemerintah memperbaiki kinerja dan sdm aparatur negara kita. dimulai dari recruitment pns secara adil, tanpa peduli apakah dia lulusan sekolah kedinasan, ptn atau pts.
    negara ini milik rakyat.
    kembalikan pada rakyat.
    jangan ada lagi rejim yang otoriter.

    jika sekolah kedinasan memang lebih unggul dala \m semua hal, kenapa penyelenggaranya takut jika mahawiswanya harus ikut tes cpns lagi seperti rekan lain?
    apa mereka takut ketahuan karena outputnya ngaco?
    lantas kenapa harus takut..

    bagi anak didik sekolah kedinasan juga jangan sok, jngn ngoyo, kita sudah bersyukur bisa mendapatkan sekolah gratis.
    itu sudah lebih dari cukup.
    kenapa harus menuntut untuk di jadikan pns lagi?
    kenapa harus takut jika harus tes cpns lagi?

    berhati-hatilah…
    takut itu tanda tak mampu…
    dan sebagai penutup, bertanyalah pada hati nurani kalian masing2..
    apa yang terjadi jika lulusan sekolah kedinasan, harus mengikuti tes cpns seperti ptn atau pts lainnya?
    INILAH YANG MEMBUKTIKAN APAKAH SEKOLAH PUNYA OUTPUT YANG BAGUS ATAU JUSTRU PTN PTS YANG MENGHASILKAN OUTPUT SDM YANG KOMPETEM.

    KEADILAN..
    DIMANAKAH KEADILAN…
    DEMI SELURUH RAKYAT INDONESIA, TEGAKKAN KEADILAN DI BUMI PERTIWI.
    SEMUANYA SEDERAJAT, TIDAK ADA LAGI KEISTIMEWAAN.

    BUKTIKAN DALAM TES CPNS..

    SIAPA YANG BERANI????

    SAYANGNYA SEKOLAH KEDINASAJN BELUM PERNAH MENGIKUTI TES CPNS, SEHINGGA TIDAK PERNAH KETAHUAN, APAKAH BENAR OUTPUTNYA BAGUS ATAU TIDAK..

    KEADILAN, DEMI KEMAJUAN BANGSA INDONESIA.
    DEMI ANAK CUCU KITA..

  22. @negarawan : Bukan masalah takut atau tidak, tapi masalah nama institusi. Di mana-mana yang namanya Pendidikan Tinggi Kedinasan itu ya sengaja dibentuk untuk merekrut calon pegawai yang kemudian dididik di situ terlebih dahulu.

    Masa’ setelah lulus Akmil/AAL/AAU disuruh tes bareng-bareng sama yang lain untuk bisa jadi anggota TNI ? Masa’ setelah lulus Akpol disuruh tes bareng-bareng sama yang lain untuk bisa jadi anggota Polri ? Masa’ setelah lulus STPDN/IPDN disuruh tes bareng-bareng sama yang lain untuk bisa jadi PNS Depdagri ?

    Jangan ngaco lah Mas. Kalo mau, marahin juga tuh lulusan Akmil, AAL, AAU, Akpol, STPDN, STIS, AKIP, AIM, AMG, ALLAJ, PLP, dan Pendidikan Tinggi Kedinasan lainnya yang jumlahnya tidak sedikit.

    Maaf kalo komentar saya kurang berkenan.

  23. Hoho..
    Udah jgn pada takut, yg mau masuk, daftar aja.
    Yg lagi kuliah, jgn mikir macem, konsen kuliah aja.
    Yg jelas pasti ditempatin kug..
    Satu smester lg lulus niy,
    Dtempatin dmana yia? Baubau? Tolitoli? Fakfak? Huu ngeri
    Blog quw sondonk.co.nr

  24. ngapain takut adek-adek..
    jgn khawatir, klo kalian berhasil lulus USM STAN biarpun ga ikatan dinas lagi (walaupun kemungkinannya keciiiil bgt, karena negara bkalan rugi udah ngebayarin sekolah trs ga dpt balas jasanya), masih baaaaaanyak perusahaan yang mau nerima kalian…

  25. ana masih g ngerti,,kenapa klo statusnya masih ikatan dinas,pake harus tes cpns segala??? tolong jelasin yang sejelas-jelasnya????
    TERUS,
    Jadi kesimpulannya yang PASTI apa???????
    IKATAN DINAS atau TIDAK IKATAN DINAS???
    LANGSUNG JD PNS atau Ga??????????

    • Itu urusan nanti bro…. yang penting lulus USM dulu… dijamin deh pokoknya ^^

    • Coba ditanya yang baru lulus STAN, ada tes lagi gak ?

      Kalau Ikatan Dinas, jawabannya GAK NGARUH, gak peduli ada tes lagi atau tidak, kalau nanti ijazah ditahan selama 10 tahun ya berarti Ikatan Dinas.

      Kalau langsung jadi PNS, jawabannya TIDAK, karena prosedurnya harus jadi CPNS dulu, kemudian harus ikut Diklat Pra-Jabatan.

  26. Coba ditanya yang baru lulus STAN, ada tes lagi gak ?

    Kalau Ikatan Dinas, jawabannya GAK NGARUH, gak peduli ada tes lagi atau tidak, kalau nanti ijazah ditahan selama 10 tahun ya berarti Ikatan Dinas.

    Kalau langsung jadi PNS, jawabannya TIDAK, karena prosedurnya harus jadi CPNS dulu, kemudian harus ikut Diklat Pra-Jabatan.

  27. Logika nya gini! STAN itu kan kuliahnya gratis. Kalau negara tidak mengambil lulusan STAN buat apa membiayai pendidikan Mahasiswanya. Buat apa pula pemerintah menggaji dosen STAN.

  28. insya allah lu2s deuh…
    amin…

    usm stan,sukses!!!..

    do’ain yaaa…^_^

  29. aih mdh”an saia n segenap tman” lu”z smua……….amien……klo glu”z g tw de gmna nsb qta..

  30. koq error mulu c…
    bikin penasaran aja!!!
    gmana seh???
    huuufth…;-(

    mdh2an lulus..
    ok.ok..
    harus optimis!!

    .

  31. Apa kalo waktu pendaftaran diberi SPID(surat perjanjian ijatan dinas) ?

    Salam PTK (STIS)..

    • Seingetku, sejak tahun 1995, perjanjian ikatan dinas diurus pada saat kelulusan, bukan pada saat masuk pendidikan.

      Salam PTK (STAN & Prodip Keuangan) ..

  32. Seingetku, sejak tahun 1995, perjanjian ikatan dinas diurus pada saat kelulusan, bukan pada saat masuk pendidikan.

    Salam PTK (STAN & Prodip Keuangan)

  33. kk2..
    sy llus usm stan 09/10..
    apa nti stlah llus ttp ad iktan dinas?
    ikatan dinas tuh digaji ga?

    • Ikatan Dinas adalah perjanjian antara Menteri Keuangan dan mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan mengenai perjanjian wajib kerja dengan syarat-syarat dan ketentuan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan ini.

      Kalau kerja nggak digaji, kalo kata orang Jepang itu namanya romusha, kalo kata kumpeni itu namanya kerja rodi.

  34. gw yakin stan masih berikatan dinas dengan segala bukti2 yang ada. makanya gw memilih kuliah di stan. hidup STAN!

  35. yg nyebarin gosip,yaa orang2 yg pgen lulus
    jadi kn peminat’a sdkit tuh..nah dia deh yg dpt..hehe

    dsni ad kk kelas ppln g??

    ntar belajar’a buku’a beli/minjem/d kasih ??

  36. Mav nih mas mas.. Saya msh sklh SMA dan insyaAllah akan lulus pada tahun 2010 nanti, saya berminat untuk masuk stan. Tp menurut rumor yg saya dengar, stan sudah bukan ikatan dinas lagi pada tahun 2010/2011. Apakah it benar?
    Terus kalau kita sudah lulus usm nanti, katany harus bayar biaya pendaftaran yg mahal.. Apakah it benar jg? Mohon pencerahannya

    • Isu gosip ini sudah beredar sejak tahun 1995, dan ternyata hanya gosip isapan jempol belaka. Setelah lulus USM, Badan Eksekutif Mahasiswa meminta biaya untuk orientasi pengenalan kampus, sama sekali bukan untuk biaya pendidikan, karena pendidikan dibiayai oleh negara.

  37. Marilah kita semua sadar bahwa jaman telah berubah sehingga tuntutan juga berubah, PTK juga mengalami hal serupa. Yang terpenting terjadi fair play, transparan dan akuntabel. Siapkan mental dan ilmu kita, tidak perlu meributkan yang tidak perlu, sukses wahai kaum muda, amiiin tmk

  38. bnrn di gaji tah lo msk stan?

    • Tidak benar. Yang digaji adalah pegawai. Jadi menjalani pendidikan dulu di STAN, lulus, kerja, diproses penerbitan SK CPNS, baru dapet gaji.

  39. itu buat tahun 2008 ya??
    kalo tahun sekarang gimana?
    kata kaka kelas saya yang masuk tahun ini, katanya iya udah ngga ikatan dinas lagi..
    bener ngga sih??

  40. assalamualaikum…..kpingin deh msk stan…aminn….

  41. waduu ..
    kok komentar nya pada suda lamalama semua ny ya ?
    terus yg taun ini gmn dong ?
    semakin galau klo tau gosrip itu –a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: