Dibalik Ujian STAN 2008

Ujian saringan masuk STAN, dimana kita kenal dengan USM STAN akan kembali diadakan di tahun 2008 ini. Dimana kita ketahui, ujian saringan masuk ini merupakan satu-satunya ujian yang wajib diikuti bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah di STAN. STAN sebagai sekolah kedinasan tidak menyediakan jalur lain seperti adanya PMDK yang banyak diadakan oleh universitas-universitas negeri di Indonesia. Tahun demi tahun USM STAN diikuti oleh ratusan ribuan peserta, dimana setiap tahun jumlahnya semakin bertambah. Tahun 2007 kemarin saja peserta yang mengikuti STAN tercatat sebanyak 125ribu peserta, dimana STAN sebagai suatu perguruan tinggi memperoleh penghargaan yang kedua kalinya sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan ujian masuk dengan peserta terbanyak se indonesia setelah sebelumnya pada tahun 2006 memperoleh penghargaan yang sama yaitu dengan jumlah 120ribu peserta. Perlu anda ketahui, USM ini juga merupakan ujian masuk terbesar di asia tenggara. Tidak dapat dipungkiri dari data tersebut kalau minat pelajar SMA dan sederajat untuk melanjutkan studinya di STAN sangat besar.

Tahun 2008 ini, STAN kembali mengadakan ujian masuk untuk menyaring pelajar yang ingin melanjutkan ke STAN. Perlu diketahui dari uraian diatas kalau peserta ujian tiap tahun selalu bertambah maka tidak dapat dipungkiri kita harus berpikir ekstra untuk menyusun strategi dalam ujian saringan tersebut. Untuk tahun lalu saja jumlah pendaftar : jumlah yang diterima = 1 : 64 yang artinya dari 64 orang yang ikut ujian hanya 1 orang yang diterima, sangat berat, apalagi tahun 2008 ini diperkirakan akan mengalami kenaikan. Tapi jangan berkecil hati dulu karena kepintaran bukanlah segalanya, salah satu hal yang berpengaruh adalah keberuntungan dan berdoa.
….

51 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum!

    Bener banget tuh…
    Kepintaran bukan segala-galanya di USM STAN.
    Penting juga untuk Yakin dan Berdo’a.
    Satu lagi nih, Boss..
    “KEBERUNTUNGAN”.

    Kalo semuanya dah lengkap, INSYA ALLAH bisa berseragam STAN.

  2. Yoi.. Satu lagi yang ngga kalah penting, doa orang tua.. Tanpa doa orang tua semua tidak akan terjadi..🙂

  3. jd kpn diadakannya stan 2008?

  4. Bisa dilihat di artikel saya “pendaftaran stan 2008 (kalender akademik)”

  5. Ass,, Phiequn
    selama belajar di STAN banyak pengeluaran ga,,, bayar ini bayar itu….
    Terus kemahasiswaan yang paling bagus apa ?????????

    tolong dijawab

  6. Kalau pengeluaran ada lah, tiap kuliah pasti ada pengeluaran. Tapi kalau di STAN cuma biaya hidup aja yang ada, ngga ada biaya kuliah.. Pokoknya kalau masalah biaya di STAN paling murah lah🙂

    organisasi yang terbesar di STAN itu Rohis/remaja masjid..

  7. mau nanya nih,
    jurusan di STAN yang paling banyak peminatnya apa?
    trus, urutan jurusan di STAN dari yang paling tinggi smpai yg paling rendah ap?kan pasti ada salah satu jurusan yang tingkat kesulitan masuknya paling tinggi..
    mohon jawabannya y,,,

  8. Q g tw mesti nulis ap.Gini aj deh.Bwt tmn2 yg minat msk Stan tak ksh no hp q. 085730576701. Qt bs tuker2an info soal stan.Tak tnggu ya..;-)

  9. Bwt tmn2 yg pgn msk stan,qt tuker2n info soal Stan yuk.. Ni no hp q 085730576701

  10. aq g pnya hp,,,
    gmn neh????
    maklum orang desa,,,

  11. Masya ALLAH…..
    Koq mlah ekspos nomor toh???!!
    cb nomornya 3…

  12. Anda benar! STAN sekarang ini lagi populernya di indonesia. Mungkin karena gratisnya yah atau banyak korupsinya di kalangan pejabat..makanya banyak minatnya..
    Tapi yang harus dikembangkan tuh kualitas pendidikannya bukan hanya karena gratisnya pak, bu..

  13. menurut kalian kunci sukses masuk STAN apa ????
    kira2
    ada sogok menyogok gak ya?///

  14. yah kaga lah… STAN githu…

  15. phiegun waktu ikut usm STAN yakin gak bisa diterima???

  16. Thanx ya bwT mua info2_a!!
    mdh2an aQ bs msuK taOn ni…
    jd, aQ bs bwT orTu’Q baNgga.
    d’tuNggu ya info2 sLanjuT’a!!
    C.U…
    (^_-)

  17. oOpss… ad yg Lupa!!
    bwT phiequn,
    aQ udh pNya buku prediksi STAN 2008 dR STAN PRODIP. coZ senioR’Q d’skuL udh Lu2s d’STAN taoN Lalu n dy kRim’in buku nTu k’aQ byaR bs aQ pLajaR’in. kiRa2 bRapa peRsen kmuNgkinan soaL pRediksi yang ad d’buku nTu sama dgn ujiaN msuK yang sbeNar’a?
    ThanX b’4!!

  18. @wita :
    kalo sama ngga mungkin lah..Tapi kalo mirip, pasti..

    Ngga mesti juga sich, buktinya taun lalu, ujiannya beda dengan ujian tahun sebelumnya. (lebih sulit)

    kalo masalah persentase, 90% formatnya sama kayak tahun2 sebelumnya.

  19. @fauziah :
    phiequn, bukan phiegun non..

    Yah ngga yakin lah ngeliat pendaftarnya segitu banyak. Waktu itu saya sih pasrah aja, toh udah diterima di ITS🙂 . Saya kira nasib saya bakal di ITS, eh ternyata di STAN🙂
    Alhamdulillah..

  20. kak mo nanya nich,kira2 smpe brapa orang yg bakalan diterima d STAN

  21. mas phiequn,pertanyaan q blum dijawab,,
    jurusan yang paling tinggi di STAN tu ap….
    yang saingannya paling banyak smpe yang paling dikit…

  22. Gw mo nnya nich.., kra2 bra y biaya yg d kluarn 1 prtama, mlai dri pndftrn ampe 1 thn brlalu.

  23. mas phiequn…..
    pertanyaan rizka al f :
    “spesialisasi yang paling tinggi di stan+yang saingannya paling banyak sampai yang sdkit??!” koq belum dijawab y?

  24. @sandy , rizka :
    udah saya jawab dek..Liat postingan saya kemaren (tanggal 4 juni) yang judulnya “Spesialisasi Terfavorit di STAN”, kalo masih belum ketemu, liat di postingan terakhir di sebelah kiri..Ada kan??

    Emang semua pertanyaan dari kotak komentar ngga semuanya saya jawab disini juga, sebagian saya jadikan artikel untuk dibahas.

    @m. Einstein :
    kalo masalah biaya tergantung dek. Buat kos sekitar 2jutaan, buat biaya hidup sekitar 700ribuan setiap bulan..

    Thanks🙂

  25. santai aja lagi, mendingan lo pada persiapin diri buat SPMB aja dulu, masalah usm kan masih ada waktu abis spmb, trus rajin-rajin baca n denger berita, abis spmb usahain hari2mu abisin dengan bahas soal stan yg sebanyak-banyaknya donk jangan main terus, trus latih kecepatan menjawab, abisin soal tahun per tahun soal usm yang lewat (bakalan banyak soal yg mirip cuman angka aja yg dibedain), latihannya juga perhatikan waktunya, trus setelah selesai cek jawaban, jangan sampai di situ, perkirakan kemampuan teman, trus yg paling penting abis ngecek coba perhatikan jawaban dan cara menjawabnya. nah begitu juga untuk soal-soal tahun berikutnya. kuncinya tetap semangat,santai hadapin usm, berdoa, jgn lupa mohon doa dari orang tua.
    klo urusan ikatan dinas dan tidak ikatan dinas itu urusan terakhir, karna kemarin ada berita klo stan masih ikatan dinas, dan berita yg menggembirakan lagi memang nantinya ada test psikotes, itupun untuk nentuin kita di mana kita ditempatkan.
    nah itulah pengalamanku dan perjuanganku yg menghantarkan aku skarang bekerja di depkeu.
    kerjanya seru abis, dah kuliah gratis, dikasi uang jajan, kuliah banyak tantangan, seru, yang pasti menyenangkan.

  26. AKUUUU
    MAAAUUUU
    MAAAASSSUUUKKKK
    STAN

    YO..YO..YO..YO..
    SEMANGAD SEMUANYA YO. .

  27. uy mas phiequn,,,
    pndaftaranna hnya bsa d kmpusna aj y buat yg mo ambil DIII?
    eh iy kra” klu dri depok gt prgi k kmpusna ntu rutena ntu gmana y???
    (maklum org pulau)

  28. waduh jadi Psimis nih ikutsn USM STAN

  29. halo phiequn…
    bagaimana cieh rhsia biar cpat nyelesein soal stan???
    kan tau ndiri qt dituntut untuk nyelesein 180 soal dalam 180 menit…secara gthuuu gw gak bkal sanggup,apalagi soal MM and soal crita yang sangat sulit untk dimengerti.
    bc soalnya aja lebih dr 1 menit.

  30. aku masih penasaran..
    tiap nomor di USM nilai pointnya beda2 atau sama aja?
    kalopun mang beda, antara soal pengetahuan umum dengan hitungan analisis pointnya besar yang mana?
    soal2 pengetahuan umum itu hanya dari dalam negeri atau juga dari luar negeri? presentasinya berapa2?

    sebelumnya terima kasih atas jawabannya..

  31. Oi..Oi…
    Keberhasilan Insya Allah akan menyertai kita apabila disertai dengan DOA dan IKHTIAR.
    Jangan pernah ragu untuk mencoba, sebab dengan mencoba semuanya akan menjadi PASTI !!!!!!!
    O’ne !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  32. mau nanya lg ne….
    kalo pengen masuk bea cukai,,tinggi badan dan berat badan harus ideal ga’……
    soalnya tinggi q 173cm,tp berat badan q cuma 51kg,,,
    gmn neh,,,,,

  33. kiro2 aku pacak lulul dak e….aku lah 2 x ikut stam… tp dak masuk2xx… tp aku kul n jurans nyo mirip yaitu akuntansi… biso dak e aku masuk dep keu tp ldak lewat stan…. tp lewat ijaza s1….

  34. pingiiiin donk masuk stan
    wuihhhh pasti cueneng buanged
    udah gitu pasti masa depan terjamin donkkkkkk
    mauuuuuuuu

  35. gmna ya kog usm stanNa cepet bgd c,,,
    ne kan ge uas,,,
    tuz bentar lg jg mu ikut spmb,,,
    masi ikut stan …
    wahhhh
    fiuuhh
    doain diterima iagggh…
    kunciNa ap c mas2 m mb2
    bg pexlmanNa dox…
    maci

  36. gampang se ngomongna……
    pi tetep z soal bhsa inggrisna susah…
    gmana se cara memotivasi diri mnurut kamu……..?
    truz cara yg ling baek blajar bhasa inggris ntu gmana se…??

  37. keberuntungan?
    itu mah ga ada dalam usm stan,tapi yang ada kesiaLan!!
    hahhaha

  38. Lulus USM itu Sulit,,
    Kecuali ada usaha n latihan soal-soal Usm Stan tahun lalu.
    Pokoknya nGk ada cara lain Selain Belajar n Belajar.
    bwat yg ikUt USM tahun ini mg hrapan km tercapai n bs ktrima di STAN, jd semangat ya,,,

  39. keterima stan
    10% : orang yang bener-bener pInter n cerdaasss
    90% : ORANG BERUNTUNG
    percaya ga percaya tapi emang kebukti, insya allah…

  40. Bagi yang mau kunci jawaban stan 2008 tulis aja email lu di komentar ini pada kolom “isian” bukan pada kolom “Mail (will not be published) (required)” entar saya kirimkan kunci jawabannya. Kunci ini saya dapat dari berbagai sumber (bimbel, Tentor, dll) dijamin mendekati 99% tepat.

  41. Buat yang mo request kunci jawaban usm stan 2008 Berikut Link-nya: http://spmblover.18.forumer.com/index.php?act=ST&f=18&t=903 Saya Tunggu ya..

  42. Yang mau kunci jawaban usm stan versi bimbel email saya langsung di
    info_unv@yahoo.co.id

  43. wedew, biaya hidup mahal bener sekarang di stan. aku dulu masuk tahun 1999, sebulan jatah dari ortu 240rb, kos setahun 750rb. pas terakhir lulus tahun 2002 jatah bulanan 300rb, kos 800rb.

  44. tmen2 kalo punya kunci jwban soal stan 2008 krim ke email-Q ni yaaaaaaaaaa……… makacih…………!!!!
    chae_rin_ct@yahoo.com

  45. alhamdulillah aku ketrima di stan ni. biar kata jurusan akuntansi terkenal dengan DO-nya g masalah,aku bakal belajar dgn keras.bg tmn2 yg jg ketrima selamat y! bagi yg g, sabar aja y!keep fight!

  46. duhh ..
    moga-moga aja aku bisa keterima d stan yaa………

    semangattt!!!

    chayo
    chayo
    chayo!!

  47. akuuuuuuuuu
    pengeeeeeeeeeeeeeeeen
    masukkkkkkkkkkk
    staaaaaaaaaaaaan
    doain yoooooooooooo!!!!!!!!!!!!!

  48. stan tunggu aku kesana………………………………………………………

  49. And so what photosynthesis is doing is it’s a way for plants to take in dating direct that carbon
    and they do that through a process called photosynthesis.
    First, you need to know the girl. Chat rooms are a great way to
    learn more about each other to become partners in life.
    The selections are really endless. 15 The I-don’t-like-your-friends guy.
    Start a light chat, exchange smiles, flirt a little and you will still take dating direct great money.

  50. My coderr is tryin too convince mee too mve to .net from
    PHP. I have always disiked the idea bbecause of the costs.
    Butt he’s tryion nokne the less. I’ve been uzing WordPresws onn several websites forr abvout a
    year and amm concerned about switchin too another platform.
    I havge hsard very good thigs about blogengine.net.
    Is thee a way I caan impoprt alll my wordpress posts into it?

    Anyy kind oof help would be greatly appreciated!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: