Bimbingan belajar STAN, perlukah?

Bimbingan belajar, suatu nama yang ngga asing kita denger saat mulai sibuk-sibuknya belajar buat persiapan Ujian Saringan Masuk (USM). Yup, bimbingan belajar memang banyak membantu pelajar-pelajar buat lebih memahami seluk-beluk soal yang diujikan. Dengan semakin banyaknya minat pelajar yang membutuhkan bimbingan belajar, mulailah bermunculan bermacam-macam bimbingan belajar yang menyuguhkan 1001 keistimewaannya. Entah itu dengan embel-embel “bimbingan belajar terfavorit”, “Bimbingan belajar tercanggih”, “bimbingan belajar terjamin”, ada juga yang menawarkan uang kembali bila ngga diterima, dan bermacam-macam. Ngga mau kalah dengan bimbingan belajar buat ujian saringan masuk universitas-universitas terkemuka, ternyata bimbingan belajar buat USM STAN mulai berkembang dengan pesat juga.

Masalahnya sekarang, apakah perlu kita ikut bimbingan belajar buat USM STAN ?
Banyak yang pro dan kontra tentang bimbingan belajar ini, disini saya akan menjabarkannya satu-satu.

[Pertama]
Liat dulu bimbingan belajarnya, bila disana (bimbel, red) hanya membahas soal tahun-tahun sebelumnya, kenapa kita perlu ikut bimbel itu. Saya rasa kalau hanya begitu aja kita bisa kok belajar sendiri. Toh yang dipelajari hanya soal logika saja (soal paling banyak)

[kedua]
soal-soal STAN khususnya bagian bahasa inggris dan bahasa indonesia merupakan soal yang standar banget, misalnya di soal bahasa inggris cuma berkutat di pengecekan kalimat aja, ngga ada soal yang ekstrim-ekstrim seperti di ujian yang lain, saya yakin kalo anda teliti pasti bisa menjawab soalnya dengan mudah. Di soal bahasa indonesia, hanya berkutat di EYD (ejaan yang disempurnakan) aja. Lalu buat apa bimbel kalo cuma bahas EYD atau grammar? Toh kita bisa pelajari sendiri dari buku EYD atau grammar. Ngga punya? Cari aja di perpus umum di kota kamu. Pasti ada..

Kalo menurut saya, ngga perlu lah ikut bimbel-bimbel segala, toh soal STAN itu mudah-mudah. Hanya mempelajari grammar dan EYD, serta tingkatin logika saja, apa sulitnya. Dengan ikut bimbel kita belum ada jaminan pasti masuk STAN. Yang perlu dilakukan buat ujian STAN hanya belajar otodidak saja udah cukup. Masalah keterima atau ngga itu udah ketetapan Yang di Atas. Semangat..!!!

5 Tanggapan

  1. Thank you banget atas sarannya. eh, kalau bisa kirimkan dong ke e-mailku tentang materi-materi dalam usmx stan. khususnya bhs.inggris. thanks skali lagi.

  2. Gt yagh kak..???adk uda ada c buku kumpulan USM STAn taon lalu,.,,,uda dikirimin 2 bulan yang lalu klo ga salah….
    tp ribet dech kayaknya….soalnya rumit….
    alnya adk kadang2 jadi TaKaDaLoGiKa….hehehehe

  3. tRuZ biMbEL sPeRti aPa yAnG kK mKsD (yG gA cuMa pELajAri soAL2 tAoN LaLu) ? apA yG biSa mELaTiH kEpEkAaN iNsTiNg meNeMbaK jiTu? oR yG kY gMn?

  4. krn jg saranna..

    tapii lemah bgd di english ni..
    ada saran2na jg gag..?

    oy..bknna kl salah -1 ya ..?
    sama ma spmb gag ch..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: