STAN pasca pengesahan BLU

Perubahan tengah diusung kampus STAN. Usaha yang telah dirintis sekian lama akhirnya tercapai. Sejak tanggal 31 maret 2008, Stan resmi menyandang status baru, Badan Layanan Umum (BLU). Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya Keputusan Menteri Nomor 71/KMK.05/2008 oleh menteri Keuangan, Sri Mulyani. sebelumnya rencana perubahan ini telah dipresentasikan di muka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika mengadakan kunjungan ke Departemen Keuangan (Depkeu).

Pada dasarnya, perubahan status ini ditujukan agar STAN dapat memberikan pelayanan yang lebih prima pada para stakeholder dengan konsep better, higher, dan bigger. Yang dimaksud stakeholder meliputi mahasiswa dan instansi pengguna, termasuk di dalamnya adalah warga masyarakat sekitar kampus, sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kini STAN termasuk salah satu instansi pemerintah yang bisa menggunakan penerimaannya secara langsung untuk kegiatan pelayanan kembali. Sederhananya, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari STAN, uang Ujian Saringan Masuk misalnya, tidak akan masuk kas negara lebih dulu, tetapi langsung masuk kas STAN. Dengan demikian, proses yang kurang efisien atas pengalihan dana operasional yang berasal dari APBN dapat dihindari.

Keterangan yang berhasil dihimpun dari Direktur STAN, Suyono Salamun adalah, “Kita tetap dapat uang dari pemerintah. Yang lebih luwes pengelolaannya adalah uang yang kita hasilkan sendiri. Kalau yang dari APBN itu tetap ketat. Luwes itu ya efisien, ekonomis, efektif, produktif, juga mengikuti ketentuan pemerintah.” Dengan kata lain, good governance.

Selain itu, STAN juga dapat diperlakukan sebagai bisnis unit, diizinkan untuk mengusahakan dana sendiri guna membiayai operasionalnya. Dengan begitu, STAN mempunyai kesempatan untuk mandiri, tidak banyak bergantung lagi pada APBN.

Dalam hal kesempatan bisnis ini, muncul kekhawatiran bahwa STAN akan mengarah pada korporasi. Bambang Yuli Istanto, selaku Kasubbag Keuangan STAN dengan tegas menanggapi hal ini, “Ini (BLU, red.) jangan dipersepsikan orientasinya mencari untung, atau mengejar penerimaan. Orientasi kita adalah pendidikan bagi calon pegawai Depkeu.”

Semua hal di atas diiringi dengan transparansi keuangan dan akuntabilitas yang jelas. Pihak yang berkepentingan dapat mengakses informasi tersebut dan informasi lain tentang STAN melalui http://www.stan.ac.id

dikutip dari tabloid civitas STAN edisi Minggu IV Mei 2008

3 Tanggapan

  1. thanks infonya mas

  2. mudah2an stlh jd BLU fasilitas2 nya di tambah, biar lbh keren

  3. mg2 gaji pegawainya jg naik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: