STAN Sebagai Pilihan

Terkadang, kita dihadapkan pada kenyataan yang mengharuskan kita memilih satu diantara dua keadaan yang berbeda dan diantara keduanya menentukan jalan karir kita di masa depan. Di kasus ini, saya ambil contoh bahwa seandainya anda pada pengumuman USM STAN 2008 nantinya dinyatakan lulus dan pada keadaan yang sama anda sudah masuk di PTN lain bahkan sudah membayar uang daftar ulang di PTN yang bersangkutan dan menjalani serangkaian kegiatan yang menyertainya…
Memang sangat sulit untuk mengambil penyelesaiannya, tapi cobalah berpikir dengan mematangkan tekat untuk memilih jalan terbaik buat anda. Pertimbangkan baik-baik langkah anda, karena sekali anda masuk kesitu maka itulah jalan karir anda selanjutnya. Pertimbangan-pertimbangan yang biasanya selalu muncul dalam permasalahan ini diantaranya :

1. Biaya
Pikirkanlah berapa biaya yang anda keluarkan nantinya.
Di PTN anda mesti mengeluarkan biaya daftar ulang, biaya kuliah (buku dsb), biaya akademik (per semester dsb), biaya kostan, biaya lain2 yang harus diperhitungkan.
Di STAN anda mesti mengeluarkan biaya daftar ulang (berkisar 600ribuan), biaya kuliah (buku dsb), biaya akademik (gratis), biaya kostan, biaya lain2 yang harus diperhitungkan.
Hitung perkiraannya, kalo tidak tahu berapa yang harus dikeluarkan coba bertanyalah pada mahasiswa atau kenalan anda di PTN yang bersangkutan. Bandingkan…

2. Prospek masa depan
Setelah lulus mau jadi apa? Pikirkanlah di benak anda apa yang bisa anda peroleh di kemudian hari dari PTN tersebut, besarkah peluang kerjanya?Sebandingkah peluang kerja dengan biaya yang anda keluarkan. Di STAN, anda pastinya berkecimpung dengan masalah keuangan, masalah prospek kerjanya anda akan di tempatkan di berbagai instansi pemerintah dibawah depkeu atau diluar depkeu.

3. Masalah jarak
Di sebagian orang, masalah jarak juga diperhitungkan. Seberapa jauh jarak rumah anda dengan kampus STAN di jakarta?Pikirkanlah…
FYI, kawasan STAN terbilang aman dan berbeda dengan pikiran anda dimana jakarta pasti hidupnya sangat keras.

4. Minat anda
Percuma masuk STAN kalau anda tidak berminat dan berniat di STAN. Pikirkanlah, apakah anda memang berminat dan berniat masuk STAN dimana di STAN kita akan berkecimpung dengan masalah perhitungan keuangan.

Dan masih banyak lagi hal2 yang perlu dipikirkan untuk masuk ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Pikirkanlah semuanya secara matang, mintalah jalan kemudahan kepada yang Diatas untuk lebih memantapkan anda memilih karir anda dimasa depan, rajinlah mencari informasi yang berhubungan dengan kuliah anda selanjutnya.

=untuk sharing saja, saya sebelum diterima di STAN sudah diterima, daftar ulang, mengikuti ospek, bahkan 1minggu kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri di Surabaya. Sudah berjuta-juta yang orang tua keluarkan untuk daftar ulang di PTN tersebut, dan setelah dipikir-pikir saya memantapkan diri ke STAN mengikhlaskan biaya tersebut dengan harapan memperoleh yang lebih baik di kemudian hari.

Semangat…Semangat…Semangat…!!!!

4 Tanggapan

  1. Waktu itu milih karena orang tua mintanya disana.
    Walau 4 Univ Negeri lainnya dah siap tuk di masuki..

  2. Pilih STAN ato SI ITS ya?

  3. Artikel “Stan sebagai pilihan”

    komentarku . . . .adalah bagus banget sarannya karena aku juga mengalami hal yang sama jika aku diterima di stan 2010 tahun ini.

  4. kak,,,,, berarti kakak sebelum sekolah di STAN,, kuliah di PTN dlu ya??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: