Tentang STAN

Tentang Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Departemen Keuangan RI yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan.

Tujuan didirikan STAN adalah untuk mendidik mahasiswa supaya mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi dan keuangan sektor publik dan mempersiapkan mahasiswa agar kelak menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdisiplin kuat, berkhlak tinggi, dan penuh dedikasi.

STAN didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor: 45 Tahun 1974 jo. Keputusan Presiden Nomor: 12 Tahun 1967. Pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor: 13495/MPK/1975 diperoleh izin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional).

Program Diploma (Prodip) Keuangan yang semula diselenggarakan secara terpisah dari STAN, kini pengelolaannya dilimpahkan kepada Direktur STAN sesuai dengan Surat Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: ST-098/BP/1997 tanggal 31 Oktober 1997 dan Surat Edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: SE-048/BP/1998 tanggal 29 Oktober 1998.

Profil Singkat STAN


Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Departemen Keuangan. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan seperti Direktorat Jenderal Perpajakan, Bea dan Cukai, Pengurusan Piutang dan Lelang Negara, Anggaran dan Perimbangan Keuangan, Perbendaharaan, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, dan unit eselon I lainnya di Departemen Keuangan, serta departemen lainnya di luar departemen keuangan dan kebutuhan industri terkait.

Sebagai salah satu institusi pemerintah penyelenggara pendidikan, STAN dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang prima kepada user atau pengguna khususnya maupun kepada masyarakat umumnya.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi perguruan tinggi terbaik di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik

Misi

  1. Menghasilkan tenaga ahli dalam bidang keuangan dan akuntansi sektor publik yang bermoral tinggi dan berwawasan gobal;
  2. Melaksanakan penelitian di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik;
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang keuangan dan akuntansi sektor publik.

Program Diploma Keuangan

Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai pada unit-unit dalam lingkungan Departemen Keuangan dan di luar Departemen Keuangan.

Spesialisasi/Jurusan di STAN

Spesialisasi (Jurusan) yang ada di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) bermacam-macam. Spesialisasi ini disesuaikan dengan kebutuhan tenaga terdidik dan terampil di bidang keuangan sektor publik (pemerintahan). Spesialisasi tersebut antara lain:

  1. Diploma I Kebendaharaan Negara;
  2. Diploma I Administrasi Perpajakan;
  3. Diploma I Kepabeanan dan Cukai;
  4. Diploma III Kebendaharaan Negara;
  5. Diploma III Administrasi Perpajakan;
  6. Diploma III Kepabeanan dan Cukai;
  7. Diploma III Penilai (Pajak Bumi dan Bangunan);;
  8. Diploma III Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN);
  9. Diploma III Akuntansi Pemerintah;
  10. Diploma III Khusus Administrasi Perpajakan;;
  11. Diploma III Khusus Akuntansi Pemerintah;
  12. Diploma IV Akuntansi Pemerintah;
  13. Diploma I Spesialisasi Pegadaian.
Khusus untuk Diploma I Spesialisasi Pegadaian, hanya dibuka jika ada permintaan (request) dari PT. Pegadaian. Untuk Tahun Ajaran 2007 lalu, D-I Pegadaian dibuka.
Lama Pendidikan
Lama Pendidikan untuk Diploma I adalah 2 semester, dan untuk Diploma III adalah 6 semester.
Selain program studi di atas, diselenggarakan pula:
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA). Lamanya 2 semester. Peserta pendidikan adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Departemen Keuangan RI yang berijazah SLTA ataupun Diploma I;
  • Program Pendidikan Diploma IV Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Lamanya 2 semester. Peserta pendidikan adalah PNS di lingkungan Departemen Keuangan RI yang telah berijazah Diploma III dan telah bekerja selama minimal 2 tahun. Kecuali bagi lulusan 10% terbaik masing-masing spesialisasi berhak ikut Psikotest dan jika lulus bisa langsung melanjutkan ke D-IV ini. Untuk lulusan Diploma III spesialisasi non-akuntansi, harus menjalani masa matrikulasi 1 semester.

Sistem Gugur di STAN

Bagi Mahasiswa STAN diberlakukan sistem gugur. Artinya, apabila mahasiswa tidak dapat memenuhi standar/patokan kehadiran/absensi, nilai, dan Indeks Prestasi (IP), maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal yang telah ditetapkan oleh lembaga, maka mahasiswa yang bersangkutan harus “keluar” dari STAN. Sistem seperti ini di STAN lebih dikenal dengan istilah Droup Out (DO). Ketentuan DO berlaku setiap semester dan mengikat bagi seluruh mahasiswa STAN, tanpa terkecuali.

Kriteria DO

Kriteria mahasiswa terkena sanksi DO adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh nilai D pada Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK), lebih dari 2 nilai D pada Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), atau nilaia E pada semua mata kuliah;
  • Indeks Prestasi (IP) semester ganjil di bawah 2,0 (dua koma nol) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) semester genap-nya (pada tahun ajaran yang sama) kurang dari 2,6 9dua koma enam);
  • tidak menghadiri kuliah lebih dari 20% jam efektif, atau 4 kali per mata kuliah dalam satu semester, kecuali ada keterangan sakit rawat inap dari dokter;
  • Berbuat curang saat ujian (mencontek, kerja sama, dan lain-lain). sumber http://stan-prodip.com/
  • statcounter.com

    %d blogger menyukai ini: